statistik

8 Nov 2011

perbedaan motor 2tak & 4 tak

Benar, bahwa motor bakar 2tak (2 stroke internal combustion engine) mempunyai 1 siklus pembakaran-pembilasan-pemampatan, yang mana terdapat 2 siklus di mesin 4 tak. Sehingga mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar dibanding mesin 4tak pada volume mesin yang sama. Secara teoritis peningkatan tenaganya sebesar 2 kali lipat dibanding mesin 4tak, tetapi secara praktek hampir tidak pernah mencapai sebesar itu.
Ditambah lagi konstruksi mesin yang sedrhana, yang membuat angka perbandingan tenaga:berat (weight to power ratio) menjadi lebih besar dibanding mesin 4tak.

Mesin 2tak yang beredar dan dipakai pada sepeda motor di indonesia masih menggunakan teknologi yang sangat primitif. Dimana konstruksi mesin yang sangat sederhana (hanya terdiri dari silinder, piston, crankshaft, connecting rod), yang mana pelumasan piston-silinder menggunakan oli yang langsung dicampurkan di BBM. Dengan konstruksi mesin seperti itu, maka dapat dipastikan gas buang akan tidak bersih (karena adanya oli yang ikut terbakar.). 
Hal ini juga yang menyebabkan orang selalu berpendapat bahwa mesin 2tak menghasilkan udara buang yang tidak bersih. Pendapat seperti ini adalah salah, karena banyak mesin 2tak yang sudah dilengkapi dengan sistem pelumas yang baik (ada sistem distribusi oli, menggunakan pompa oli) dan sistem katup buang dan masuk (seperti mesin 4tak), maka gas buang yang dihasilkan sebersih mesin 4tak. Contoh mesin Deutz (diesel 2 tak), Cummins (diesel 2tak), mesin Surich pada motor tempel perahu/kapal merk Mercury (bensin 2tak). 

Sedikit keluar dari diskusi ini. Sebenarnya mesin 2tak yang ada di indonesia sekarang adalah motor bakar yang sangat tidak efisien, karena :
·Tidak mempunyai sistem pelumasan yang baik, mengakibatkan komponen mesinnya lebih cepat aus (i.e : piston, crankshaft, silinder, conn rod)
·Penggunaan bbm yang lebih boros. Ini dikarenakn bbm tidak terbakar habis.
·Menghasilkan gas buang yang kotor.
·Mempunyai torsi yang kecil.
·Mempunyai ketahanan mesin (endurance) yang rendah.

Tetapi kebaikannya adalah :
·Konstruksi mesin yang sederhana, mengakibatkan biaya produksi lebih rendah dan berat mesin yang lebih ringan.
·Menghasilkan tenaga yang lebih besar dibanding mesin 4tak.
·Sangat baik untuk melengkapi alat-alat ringan, misalnya chainsaw, pompa air, pemotong rumput yang mensyaratkan menggunakan mesin ringan dan kompak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar